June 5, 2011

ISTILAH DALAM DUNIA PONSEL

1G – HP Generasi Pertama
Saat ini Ponsel/HP generasi pertama sudah sangat ketinggalan jaman. Ditandai dengan buruknya sambungan percakapan, kurangnya keamanan dan kapasitasyang rendah. Entah apakah HP jenis ini masih ada yang mengoleksinya. Meski demikian, HP generasi pertama ini tetap berjasa besar karena dari sinilah cikal bakal HP yang lebih canggih terus tumbuh!

2G – HP Generasi Kedua
Jaringan telepon 2G (sering dikaitkan dengan GSM) masih digunakan di berbagai belahan dunia. 2G menawarkan kualitas suara dengan bit rate tinggi, tingkat enkripsi yang berbeda dan pengiriman teks SMS, meski masih terbatas dalam soal komunikasi data.

2.5G
Ponsel/HP 2.5G generasi transisi antara teknologi 2G and 3G, menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih besar sehingga meningkatkan layanan data seperti GPRS. GPRS membolehkan penyedia jaringan untuk menarik biaya berdasarkan jumlah data yang dikirim dan bukan dari lamanya waktu koneksi.

3G – HP Generasi Ketiga
Jaringan telepon 3G diperkenalkan untuk pertamakalinya di Jepang pada tahun 2001, dan ejak saat itu secara bertahap menyebar ke seluruh dunia. Ponsel/HP generasi ketiga ini mampu menerima data pada tinggkat yang jauh lebih tinggi dibanding teknologi sebelumnya. 3G juga mendukung aplikasi yang boros dalam penggunaan bandwidth seperti video conference, akes internet dengan kecepatan tinggi, mendownload MP3 dengan cepat, dan streaming audio dengan kualitas prima.

AAC
Advanced Audio Codec, yaitu format kompresi untuk file musik digital.

Bit Rate
Suatu setting yang digunakan saat mengkompresi musik ke dalam file digital. Bit rate yang lebih tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.tetapi juga ukuran file yang lebih besar.

Infrared
Infrared atau infra merah memungkinkan konektivitas data tanpa kabel diantara HP dengan peralatan lain seperti laptop. Port infrared di kedua alat tersebut harus disesuaikan sebelum transfer dilakukan.

Bluetooth
 
Standar komunikasi nirkabel yang memungkinkan ponsel melakukan komunikasi atau transfer data ke PC, ponsel, atau gadget lain.  Bluetooth memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) diantara peralatan-peralatan seperti HP, komputer dan PDA. Protokol Bluetooth diberi nama sesuai dengan nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim dan berbagi data dengan peralatan lainnya dalam jarak sekitar satu meter.

GSM
Global System for Mobile,yaitu teknologi digital yang menyokong Jaringan 2G.Digunakan oleh 80 persen dari ponsel di seluruh dunia.

WAP
Wireless Application Protocol, yaitu standar internasional untuk aplikasi yang digunakan pada ponsel, misalnya untuk mengakses internet. Dirancang khusus untuk mengatasi keterbatasan layar ponsel.

GPRS
General Packet Radio System, yaitu suatu upgrade ke GSM yang memungkinkan data dipecah dan dikirimkan dalam paket-paket, mirip dengan cara kerja internet. Kadang-kadang disebut juga sebagai Jaringan 2,5G.

EDGE
Enhanced Data GSM Environment,yaitu suatu upgrade yang lebih cepat ke GPRS.

HSDPA
High Speed Downlink Packet Access, yaitu suatu upgrade ke WCDMA yang memungkinkan download lebih cepat ke ponsel 3G.

UMTS
(bahasa Inggris: Universal Mobile Telecommunications System) adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G (generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA yang distandarisasi oleh 3GPP. Untuk membedakan UMTS dari teknologi 3G lainnya, UMTS seringkali dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan dasar 3G dari teknologi ini.

WCDMA
Wideband Code Division Multiple Access, teknologi yang menyokong Jaringan 3G. merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

Wi-Fi
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu local area network tanpa kabel yang memenuhi standar industri.


WLAN
Wireless Local Area Networks, yaitu koneksi nirkabel ke internet yang dapat ditemukan di rumah-rumah, perkantoran, atau hotspot umum.

Megapixel
Ukuran resolusi dalam kamera digital.Sama dengan satu juta pixel.

SMS
Short Messaging Service,yaitu pesan singkat dalam bentukteks.

MMS
Multimedia Messaging Service, layanan pesan yang memungkinkan suara, foto, dan video untuk diselipkan ke dalam pesan teks.

MP3
MPEG-1 Layer 3,yaitu standar kompresi paling umum untuk memproduksi file musik digital.

PictBridge
Standar komunikasi yang memungkinkan ponsel dan kamera digital untuk dikoneksikan secara langsung ke printer foto.

WMA
Windows Media Audio,yaitu format kompresi Microsoft untuk file musik digital yang dapat dimainkan di Nokia N91.

XpressPrint
Paket solusi printing dari Nokia yang memungkinkan foto dicetak secara langsung dari handset secara online, di rumah, atau di toko-toko.

Airtime
Durasi atau lamanya panggilan yang dihitung sejak saat Anda berhasil melakukan panggilan hingga saat Anda menutup telepon.

Battery
Batere alias alat penyuplai daya bagi telepon yang bisa diisi (charge) ulang. Nickel Metal Hydride batteries (NiMH) sangat ringan namun memiliki kapasitas besar dan bisa diisi ulang (recharged) dalam waktu yang relatif singkat.

 

Battery Status/Battery
Status Batarai Anda yang biasanya ada di pojok kanan atau kiri layar, yang menunjukkan banyak sedikitnya energi listrik yang disimpan di dalam hanphone.

Call Barring
Fitur call barring memungkinkan Anda bisa melakukan blok pada panggilan masuk dan panggilan keluar.

Call Divert
Fitur yang sangat berguna sehingga Anda bisa mengalihkan panggilan dari HP Anda ke telepon lainnya.

Call Hold
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menutup hubungan telepon, meski pada saat yang sama Anda juga melakukan panggilan atau menerima telepon lain.

Caller Identification
Fitur yang menampilkan nomor dari orang yang menelepon Anda – meski demikian, ada nomor-nomor tertentu yang tidak bisa ditampilkan.

Call Timer
Fitur Call Timer mencatat durasi pembicaraan Anda sehingga Anda tidak perlu lagi berkerut kening saat Anda membayar telepon di akhir bulan!

Coverage
Untuk bisa menelepon dari HP, tentu harus ada sinyal dari jaringan penyedia layanan yang Anda gunakan. Jaringan ini tentu saja tidak bisa mencakup semua wilayah yang jauh. Idealnya, penyedia layanan jaringan ini akan menyediakan peta cakupan (coverage map) yang menunjukkan di wilayah mana saja kita bisa menggunakan layanan mereka.

Data Cable
Kabel yang digunakan untuk menghubungkan HP Anda dengan peralatan lain seperti komputer misalnya, sehingga Anda bisa mentransfer file seperti foto atau audio.

Data Card
Sebuah kartu data yang disisipkan pada laptop Anda. Dengan alat ini kita bisa mengakses internet lewat HP. Ini cocok bagi para pebisnis yang sering membutuhkan konektivitas internet ketika sedang berada di perjalanan.

Data Connectivity
Konektivitas data mengacu kepada kemampuan HP Anda untuk dihubungkan dengan peralatan lain seperti PC atau HP yang lain. Konektivitas data biasanya dicapai melalui protokol tanpakabel (wireless)seperti Bluetooth, atau bisa juga melalui Data Cable.

Digital
Di masa lalu semua HP menggunakan teknologi analog yang sekarang dianggap kuno – menghasilkan kualitas suara yang buruk dan keamanan yang lemah. Saat ini semua handphone menggunakan sinyal digital sehingga menghasilkan kualitas panggilan dan keamanan yang prima. Sebagai tambahan, telepon digital juga bisa digunakan untuk rangkaian aplikasi yang lebih luas seperti akses internet.

Digital Zoom
Digital zoom sering kita temukan pada HP dengan kamera, yang cara kerjanya adalah membesarkan bagian gambar yang dipilih dengan melakukan manipulasi secara digital. Ini kurang lebih mirip dengan cara kerja software gambar yang bisa merubah ukuran gambar dan memperbesarnya. Foto kemungkinan kan menurun kualitas gambarnya setelah melalui proses ini, terutama pada large zoom. Zoom jenis kedua yang terdapat pada kamera adalah is optical zoom, pada fitur ini, pembesaran dilakukan oleh lensa yang biasanya terlihat bergerak keluar-masuk.

Document Viewers
Fitur Document Viewer alias pengintip dokumen yang sangat berguna, terdapat pada jenis HP yang lebih canggih. Dengan fitur ini pemakai bisa membuka dokumen dari berbagai aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Access dan Adobe Acrobat. Sangat bermanfaat terutama bagi pembisnis.

Dual Band
Merujuk pada kemampuan jenis HP tertentu untuk beroperasi pada dua frekuensi yang berbeda, misalnya 900MHz dan 1800 MHz.

GPS
GPS adalah kependekan dari Global Positioning System – suatu sistem navigasi satelit yang memungkinkan penggunanya untuk menunjukkan suatu lokasi secara tepat. Cocok bagi mereka yang suka beraktivitas di alam bebas, yang suka bepergian, serta mereka yang banyak menghabiskan waktu di jalanan.

GSM900
Jaringan hand phone yang beroperasi pada frekuensi GSM 900MHz – di Inggris misalnya, digunakan oleh Vodafone dan O2.

GSM1800
Jaringan hand phone yang beroperasi pada frekuensi GSM 1800MHz – di Inggris digunakan oleh Orange dan T-Mobile.

IMEI
IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ini merupakan nomor identitas unik yang diberikan untuk handphone, mirip dengan plat nomor mobil. Operator jaringan bisa mengunakan nomor ini untuk memblokir sebuah handphone yang dicuri.

Internet Browser
software untuk menjelajah internet. Saat ini semakin banyak HP yang dilengkapi dengan perambah internet untuk keperluan ini.


Media Players
Media players program software yang di-instal pada HP tertentu sehingga pemakainya bisa mendengarkan audio atau nonton video. Contohnya: Windows Media Player.

Memory Card
Memory digunakan untuk menyimpan data eperti nomor telepon, gambar, dan audio pada HP Anda. Pada beberapa jenis HP tertentu, memori ini bisa di-upgrade agar bisa menyimpan lebih banyak data.

Network Provider
Perusahaan yang mengoperasikan layanan jaringan. Ada lima jaringan besar di Inggris, yakni Three, Vodafone, O2, Orange and T-Mobile.

Phonebook
Kebanyakan HP saat ini dilengkapi dengan aplikasi phonebook atau buku telepon. Gunanya untuk menyimpan daftar nama dan nomor telepon.

PIN
PIN merupakan 4 digit kode keamanan untuk HP Anda. Kode PIN ini bisa digunakan untuk mencegah penggunaan HP oleh orang-orang yang tidak berhak. Kode ini juga bisa dirubah kapan saja oleh pemilik HP.

Polyphonic Ringtones
Ringtone yang bisa memperdengarkan lebih dari satu nada pada saat yang bersamaan.

Predictive Text
Fitur predictive text ini membuat proses penulisan pesan menjadi lebih mudah dan sederhana karena bisa memprediksi huruf yang akan kita tulis berdasarkan pengenalan program terhadap kata-kata. Sayangnya belum ada predictive text versi bahasa indonesia, sehingga fitur ini malah agak menyulitkan ketika kita menulis pesan dalam bahasa indonesia.

PUK
PUK adalah singkatan dari personal unblocking code (kode pribadi untuk membuka blokir). Jika Anda berulangkali memasukkan kode PIN yang salah pada HP yang diproteksi, maka HP tersebut akan diblokir oleh provider jaringan. Untuk membuka blokir tersebut diperlukan PUK yang biasanya terdiri dari delapan digit.

Quad Band
HP dengan quad bisa dioperasikan pada 4 frekuensi, sehingga HP tersebut bisa dipakai di lebih banyak negara.

Roaming
Roaming adalah kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan pada saat Anda berada di luar wilayah cakupan jaringan tempat Anda terdaftar. Bahkan Anda bisa saja menggunakan HP di luar negeri jika ada ‘roaming agreements’ antara provider jaringan Anda dengan provider jaringan di luar negeri.

SAR
SAR adalah singkatan dari Specific Absorption Rate, yakni unit pengukuran yang dirancang untuk mengetahui jumlah frekuensi radio yang terserap oleh tubuh manusia pada saat menggunakan handphone.

Screensaver
Screensaver adalah program komputer yang pada awalnya didisain untuk melindungi kualitas gambar dengan cara mengosongkan layar, atau mengisinya dengan gambar bergerak ketika komputer tidak digunakan. Sekarang, screensaver bisa ditemukan pada handphone. Selain karena tujuan keamanan, program ini digunakan sebagai sarana hiburan.

SIM Card
SIM adalah singkatan dari subscriber identity module alias modul identitas pelanggan. SIM card merupakan kartu kecil yang disisipkan ke dalam handphone dan digunakan jaringan telepon untuk mengidentifikasi handset Anda. SIM card juga bisa menyimpan data seperti pesan berupa tulisan dan buku telepon.

Smartphone
Smartphone adalah HP yang menggabungkan fitur handphone dan PDA (personal digital assistant). Cocok bagi para pebisnis dan artis.

Speaker Phone
Pengeras suara pada HP sehingga kita bisa mendengarkan percakapan tanpa harus mendekatkan receiver ke telinga kita.

Standby Time
Rentang waktu yang dimiliki batere sejak saat dicharge penuh hingga habis dalam keadaan standby (tidak digunakan).

Streaming
Kemampuan untuk menikmati sajian audio atau video di HP Anda secara ‘live’ (langsung) tanpa harus men-downloadnya terlebih dahulu.

T9
Juga dikenal sebagai predictive text input – yang membuat proses menulis pesan menjadi lebih sederhana dan cepat. Ini terjadi gara-gara programnya bisa memperkirakan apa huruf yang akan kita ketikkan berikutnya berdasarkan pengenalan program terhadap kata.

Tri-Band
Handphone Tri-band bisa dioperasikan pada tiga frekuensi GSM yang berbeda – GSM900, GSM1800, dan GSM1900. HP jenis ini bisa digunakan di lebih banyak negara.

Vibrating Alert
Sebagian besar handphone dilengkapi dengan fitur vibrating alert (getaran) untuk memberitahu adanya telepon masuk – cocok untuk keadaan dimana bunyi panggilan masuk akan mengganggu orang lain, misalnya saat berada di bioskop.

Video Calling
Kemampuan untuk melakukan panggilan video 2 arah melalui HP. Untuk melakukannya dibutuhkan handset 3G.

Voice Dial
Voice dial adalah fitur yang tersedia pada beberapa jenis HP yang membuat pemiliknya bisa melakukan panggilan telepon hanya dengan menyebutkan nama orang yang akan ditelepon. Begitu nama yang dimaksud diucapkan, HP akan secara otomatis menelepon orang tersebut.

Voicemail
Kemampuan untuk menerima rekaman pesan suara pada saat HP tidak aktif, atau ketika Anda tidak mengangkat telepon.

Wallpaper
Banyak handphone yang latar belakang layarnya bisa diganti-ganti desainnya. Nah desain latar belakang layar ini sering disebut wallpaper.

TV Tuner
biasanya digunakan untuk Ponsel TV, Tv Tuner ini adalah semacaam Alat yang ditanamkan kedalam ponsel agar supaya bisa menerima Siaran TV.


Symbian
Sistem Operasi Ponsel, Istilahnya adalah semacam perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan ponsel, contohnya Komputer dengan sistem windows.

Java
Kurang Lebih sama artinya dengan istilah Symbian, hanya kemampuan sistem ini lebih simple dibanding symbian dan lebih terbatas dibanding symbian.


Windows Mobile
Idem dengan symbian dan Java, Windows Mobile ini adalah system windows mini yang diperkhususkan untuk alat eletronik canggih, jika Windows adalah versi besarnya yang sekarang kita pakai ini untuk selancar di internet. 




Android
adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
 

Upgrade Versi atau Flashing
Melakukan peningkatan software dari seri yang lama ke seri yang lebih baru, biasanya ini dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli, jika salah sedikit saja ponsel kamu bisa Tinggal Kenangan :)

Kompresi Data
Biasanya dilakukan untuk file Music maupun Video, Fungsinya adalah mengecilkan File-file tersebut agar bisa dibaca dan dapat ditampung lebih banyak kedalam memory card.


2 comments:

Mang uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Unknown said...

sama-sama gan...